JellyPages.com

Thursday 14 March 2013

RED DRAGON

Manfaat Buah Naga memang masih belum banyak diketahui orang padahal buah yang berasal dari daratan Amerika Tengah ini sudah sangat popular. Buah yang memiliki nama latin hylocereus polyrhizus saat ini banyak di budayakan oleh petani lokal kerana cara penanamannya yang mudah dan tidak memerlukan modal yang terlalu banyak. Pertama kali muncul buah ini memiliki harga yang cukup mahal bahkan sejajar dengan epal import dari Selandia Baru tapi kini harganya sudah jauh lebih terjangkau. Kandungan zat atau nutrisi didalam Buah Naga ternyata memiliki khasiat yang sama seperti manfaat buah epal. 

 
Berikut adalah 10 Manfaat Buah Naga yang harus kita ketahui.

1. Melambatkan Penuaan Diri
Anti oksidan yang terkandung dalam Buah naga dapat melambatkan proses penuaan diri yang biasa dialami oleh seseorang. Kandungan yang terdapat dalam buah naga akan mengeluarkan racun dalam tubuh secara efektif, sama efektifnya dengan buah epal.

2. Mencegah kanser
Antioksidan selain berguna untuk menghambat penuaan diri juga terbukti untuk mencegah tumbuhnya sel kanser dalam tubuh manusia. Buah yang memiliki rasa hambar sedikit manis dengan biji kecil ini dapat dimakan oleh semua lapisan usia. Namun, ada juga seseorang yang tidak menyukai buah seperti ini.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Vitamin C yang terkandung di dalam buah naga cukup tinggi itulah sebabnya mengapa buah ini sangat baik dimakan oleh anak dalam masa pertumbuhan. Bila anda sering terkena flu khususnya disaat perubahan musim yang tidak menentu seperti sekarang ini sebaiknya makanlah buah naga secara teratur setiap hari.

4. Meningkatkan Nafsu Makan
Jika saat ini anda sedang mengalami masa dimana nafsu makan turun sebaiknya makanlah buah naga. Selain kandungan Vitamin C yang tinggi ternyata di dalam buah naga juga terkandung Vitamin  B2 dan B1 yang sudah sejak lama di ketahui umum sebagai penambah nafsu makan khususnya dalam masa penyembuhan dari penyakit.
 
 
5. Menurunkan Kadar Kolesterol
Selain Vitamin B2 dan B1 buah naga juga banyak menyimpan Vitamin B3 secara teratur dapat menurunkan kolesterol dalam darah secara efektif. Jika kolesterol darah menurun maka seseorang akan dijauhkan dari yang namanya gangguan peredaran darah dan jantung.

6. Memperkuat Tulang dan Gigi
Didalam satu buah naga terdapat kandungan fosfor dan kalsium yang melimpah. Itulah sebabnya jika seseorang mengambil buah naga secara teratur keadaan tulang dan giginya jauh lebih baik daripada seseorang yang tidak pernah makan buah naga. Bagi anda yang kini menginjak usia senja sebaiknya memakan buah naga kerana dapat mencegah terjadinya kerapuhan tulang atau osteoporosis.

7. Mencegah Diabetes Melitus
Saat ini penyakit degenatif merupakan ketakutan tersendiri bagi seseorang yang setiap harinya mengambil makan yang tak sehat. Apalagi orang tersebut menjalani kehidupan dengan pola hidup tidak sehat, kemungkinan besar dimasa tuanya akan mengalami penyakit degeneratif yang saat ini jumlahnya semakin meningkat mengalahkan penyakit infeksi. Jika anda sedar akan hal itu dan takut terjangkit Diabetes Melitus sebaiknya mulai sekarang ambillah buah naga karena didalamnya terdapat zat yang efektif untuk mengurangkan kadar gula dalam darah.


8. Merawat Kesehatan Mata
Tidak hanya Vitamin A yang diperlukan untuk menjaga mata agar tetap sehat. Karotin, juga bermanfaat atas kesihatan mata yang kita miliki. Didalam Manfaat Buah Naga terdapat kandungan karotin yang sangat baik untuk mata bila di amalkan

9. Merawat Jantung Agar tetap sihat
Kandungan Vitamin C, B1, B2, dan B3 didalam buah Dragon Fruit ini sangat baik untuk kesihatan jantung anda.

10. Merawat Kesihatan Kulit
Jika saat ini anda sedang mengalami masalah pada kulit khususnya jerawat tak perlu risau. Sebab, didalam buah naga terdapat kandungan Vitamin C yang dapat kita amalkan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat secara sihat. Caranya pun cukup mudah, ambil satu buah naga lalu kupas kulitnya, masukkan kedalam blender, kisarkan. Masukkan buah naga yang dikisar kedalam gelas, ambil airnya dengan sendok usapkan pada wajah. Sisanya boleh diminum sebagai jus segar. Lakukan secara teratur sampai masalah jerawat anda hilang. Selain itu juga dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas jerawat yang mengganggu pada kulit wajah anda.
 
 
 Maklumat khasiat bagi setiap 100g naga merah:
  1. Energy 67.70 Kcal
  2. Water 85.30%
  3. Protein 1.10 gm
  4. Fat 0.57 gm
  5. Carbohydrates 11.20 gm
  6. Fibre 11.34 gm
  7. Calcium 10.20 mg
  8. Phosphorous 27.50 mg
  9. Magnesium 38.90 mg
  10. Potassium 3.37 mg
  11. Iron 0.70 mg
  12. Sodium 8.90 mg
  13. Zinc 0.35 mg
  14. Sorbitol 32.70 mg
  15. Fructose 3.20 mg
  16. Vitamin C 3 mg
  17. Niacin 2.8 mg
Jus Dragon Fruit.

 Sumber :
  1. FAMA, Malaysia.
  2. http://www.azlina.net/blog/index.php/2006/09/23/buah-naga-banyak-khasiat/
  3. http://lilyflowers-8.blogspot.com/2009/02/manfaat-buah-naga.html
 
 

No comments: